Hadis Sahih Soal Adab Tidur, 4 Hal Ini Bikin Istirahat Lebih Berkah


Ilustrasi adab tidur oleh senjakelabu29/Pixabay
Ilustrasi adab tidur oleh senjakelabu29/Pixabay

SAHABAT SURGA.NET|JAKARTA- Istirahat dengan tidur di malam hari tak hanya untuk kesehatan. Namun dengan adab yang baik, tidur bisa membawa berkah.

Untuk itu, perlu kiranya bagi untuk melihat bagaimana pola Nabi Muhammad melakukan aktivitas tidur.

Penting bagi untuk melaksanakan setiap detail dari adab-adab sebelum dan sesudah tidur agar selain kita mendapatkan pahala sunnah Nabi, juga terbukti ampuh mendapatkan kesehatan bagi tubuh.

Dilansir dari Muhammadiyah.or.id, berikut adab sebelum tidur di malam hari:

  1. Tidur di Awal Malam

Landasan ini didasarkan pada hadis fi’liyyah Nabi Muhammad Saw tentang kurang baiknya berbincang-bincang sesuatu yang kurang bermanfaat setelah waktu isya.

Dari Abu Barzah: “Bahwasanya Rasulullah Saw tidak menyukai tidur sebelum salat Isya’ dan berbincang-bincang setelahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Mengambil Air Wudhu

Hal ini berdasarkan hadis al-Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk salat”.  (HR. Bukhari no. 247).

  1. Berbaring pada Sisi Kanan Badan

Sama dengan hadis sebelumnya, hal ini berdasarkan hadis Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi Saw: “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710). Rasulullah Saw cenderung kurang menyukai tidur dengan posisi tengkurap.

  1. Meniup Kedua Telapak Tangan Sambil Berdoa

Saat meniup telapak tangan, dianjurkan membaca QS. Al-Ikhlas, QS. Al-Falaq, dan QS. An-Naas, masing-masing sekali. Setelah itu usapkan kedua tangan tersebut ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali. Amalan ini dicontohkan oleh Nabi SAW dalam HR. Bukhari no. 5017 dilanjutkan membaca Ayat Kursi dan doa tidur. (Nur)