Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Bisa Memancarkan Cahaya


ilustrasi - Membuka Halaman Al-Quran
ilustrasi - Membuka Halaman Al-Quran

SAHABAT SURGA.NET|MALANG - Keutamaan dalam membaca surat Al-Kahfi lebih baik apabila dibaca pada hari Jumat. Surat ini sering dikaitkan dengan bacaan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia kan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR Ad-Darimi).

Surat Al-Kahfi yaitu surat ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Surat ini merupakan bagian penengah antara juz 15-16 karena ayat-ayatnya berada di akhir dari juz 15 sampai di awal juz 16.

BACA JUGA: Pengaruh dan Keistimewaan Salat Subuh Berjamaah Bagi Setiap Muslim

Seperti yang di lansir oleh mui.or.id, memang tidak ada ketentuan yang secara khusus membatasi membaca Al-Qur’an pada malam hari maupun siang hari, pada Senin maupun Ahad. Namun memang ada beberapa surat dalam Al-Qur’an memiliki keutamaannya masing-masing yang terkait dengan momentum tertentu.

Di dalam buku Majmu Syarif karya Tim Penyusun Spasi Media, dijelaskan bahwa rentang waktu yang disunnahkan yaitu dimulai dari tenggelamnya matahari hingga sesaat menjelang matahari tenggelam di hari Jumat.

Pada surat Al-Kahfi ini diutamakan dibaca pada hari Jumat, namun kebanyakan orang lebih mengenal membaca surat Yasin pada malam Jumat atau hari Jumat.

BACA JUGA: Dinda Hauw Dinikahi Rey Mbayang-Nika Muda? Bagus atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Seperti dijelaskan dengan hadits sahih yang diriwayatkan Imam Ad Daruquthni dan Imam Baihaqi yang berbunyi “man qara-a suratal kahfi fil yaumil jumati adhaa-a lahu minannuri maa bainal jum’ataini.” Yang artinya “barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua jumat.”

Ada beberapa keutamaan dalam membaca Surat Al-Kahfi seperti yang dilansir detik.com

  1. Allah SWT akan Membentangkan Cahaya bagi yang Membaca

Seseorang yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat akan diberkahi cahaya antara dirinya dan ka’bah, “barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah.” (Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no.6471)

  1. Terhindar Fitnah Dajjal

Seseorang yang membaca sepuluh ayat terakhir surat Al-Kahfi akan terhindar dari fitnah dajjal, seperti bunyi hadits dari Abu Darda’ RA, “barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi maka ia akan terlindungi dari fitnah dajjal.”

BACA JUGA: Surat Al-Waqiah dan Keutamaannya, Benarkah untuk Memperlancar Rezeki?

  1. Diampuni Dosa Antara Dua Jumat

Siapapun yang membaca surat Al-Kahfi ini dijanjikan ampunan dosa di antara dua Jumat, Nabi SAW bersabda yang berbunyi “barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan bagai cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.”

Jadi itu beberapa keutamaan di dalam surat Al-Kahfi dan masih banyak lagi keutamaan lainnya. Jadi, Sahabat Surga jangan lupa membaca surat Al-Kahfi ya.(Sia)