Kenapa Harus Salat Jumat? Berikut Alasannya


SALAT JUMAT - Salat Jum’at Berjamaah di Masjid (Cahya Duta Jaya).
SALAT JUMAT - Salat Jum’at Berjamaah di Masjid (Cahya Duta Jaya).

SAHABAT SURGA.NET | JAKARTA - Hari Jumat menjadi hari yang spesial bagi umat islam. Jumat disebut Yaumul Al-Jum'ah dalam bahasa Arab yang berarti hari berkumpul.

Pada hari itu, laki-laki muslim akan berkumpul untuk melaksanakan ibadah berjamaah di tengah hari. Allah SWT telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk berkumpul guna mengerjakan ibadah kepadanya di hari Jum’at.

Dalil disyariatkannya salat Jumat ini termasuk dalam Al-Qur’an, Surat Al Jumuah ayat 9-10 Allah SWT berfirman:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (QS. Al Jumuah Ayat 9-10).

Ibnu Katsir menerangkan bahwa sesungguhnya hari Jumat dinamakan Jumuah karena berakar dari kata Al-Jam'u, mengingat kaum muslim melakukan perkumpulan untuk setiap tujuh harinya sebanyak sekali di dalam masjid-masjid yang besar yakni melaksanakan salat Jumat.

Pada hari Jumat semua makhluk telah sempurna diciptakan dan sesungguhnya hari Jumat itu merupakan hari keenam dari tahun yang Allah menciptakan padanya langit dan bumi. Pada hari jum’at pula Allah menciptakan Adam, pada hari Jumat Adam dimasukkan ke dalam surga, pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga, dan pada hari Jumat pula hari kiamat terjadi.

Di dalam hari Jumat terdapat suatu saat yang tiada seorang hamba pun yang beriman dapat menjumpainya, sedangkan ia dalam keadaan memohon kebaikan kepada Allah didalamnya, melainkan Allah akan mengabulkan apa yang dimintanya.

Allah SWT memilih bagi umat ini (Islam) hari Jumat yang padanya Allah telah menyempurnakan penciptaan makhluknya.(cah/ahh)

POST TAGS: