Manfaat Membaca dan Mengamalkan Asmaul Husna dalam Kehidupan Sehari – hari


Asmaul Husna – Ilustrasi Manfaat Asmaul Husna (foto @kaligrafi_art)
Asmaul Husna – Ilustrasi Manfaat Asmaul Husna (foto @kaligrafi_art)


SAHABAT SURGA.NET|MALANG - Sebagai umat muslim pastinya sudah tak asing lagi dengan Asmaul Husna, yang tentunya mempunyai banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari.

Ada 99 nama Allah yang menunjukkan bahwa hanya Allah yang Maha Tinggi dan tempat bagi setiap hambanya untuk meminta dan kembali. Selain sebagai contoh kebaikan, umat muslim juga bisa mengamalkan atau menyebut Asmaul Husna dalam setiap doa yang dipanjatkan. Bahkan bukan hanya itu, menyebut atau melafalkan Asmaul Husna ini juga bisa diterapkan dalam keseharian atau saat melakukan kegiatan apa saja sebagai sikap senantiasa mengingat Allah SWT.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW pjuga penah mengamalkan dalam sebuah doa yang dapat diteladani, yaitu sebagai berikut:

BACA JUGA: Dahsyatnya Membaca Bismillahirrahmanirrahim Sebelum Melakukan Kegiatan, Mau Buktikan?

“Aku tidak mampu menghitung atau membatasi pujian atau sanjungan terhadapmu, engkau adalah sebagaimana (pujian dan sanjungan) yang engkua peruntukkan bagi dirimu”

Selain itu, dalam Al Qur’an juga dijelaskan bahwa tidak ada satu hal pun yang mampu membatasi semua bentuk kegiatan dari nama indah dan sifat kemuliaan Allah SWT. Hal ini Allah berfirman pada QS. Al Khafi 109 yaitu:

قُل لَّوْ كَانَ ٱلْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمَٰتِ رَبِّى لَنَفِدَ ٱلْبَحْرُ قَبْلَ أَن تَنفَدَ كَلِمَٰتُ رَبِّى وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِۦ مَدَدًا

Artinya: Katakanlah sekiranya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat – kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis di tulis kalimat – kalimat Tuhanku, meski pun kamu datangkan tambahan sebanyak itu pula.

 BACA JUGA: Keutamaan Memiliki Sifat Malu

Manfaat mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari – hari, antara lain: Mencerdaskan Otak, Membuka pintu Rezeki, Mendapatkan ampun dari Allah SWT, Mengendalikan hawa nafsu, Mencegah sifat lupa dan masih banyak lainnya. Jangan lupa mengamalkan ya sahabat!(Dewi Nur Kholifah/Fnd)