Sering Muncul di Media Sosial, Apa Arti 'Masyaallah Tabarakallah'?


Ilustrasi.
Ilustrasi.
Malang, Sahabat Surga -- Dalam beberapa tahun terakhir, kalimat 'masyaallah tabarakallah' ramai digunakan di media sosial. Apa sebenarnya arti masyaallah tabarakallah?
Kalimat 'masyaallah tabarakallah' kini digunakan banyak orang. Tengok saja media sosial, sejumlah unggahan memperlihatkan momen-momen bahagia yang dibarengi dengan ucapan masyaallah tabarakallah.

Di lini masa, kalimat ini sebagian besar digunakan oleh orang tua saat mengunggah foto buah hatinya yang menggemaskan.

Pada dasarnya, kalimat ini berarti ungkapan rasa syukur atas apa pun yang didapat atau terjadi. Kalimat ini juga kerap digunakan saat seorang Muslim melihat berbagai hal, mulai dari yang menakjubkan hingga menyedihkan.

وروينا فيه عن أنس رضي الله عنه أن رسول الله (صلى الله عليه وسلم) قال: " من رأى شيئا فأعجبه فقال : ما شاء الله لا قوة إلا بالله لم يضره

Artinya:

"Kami dalam kitab ini menerima riwayat dari Anas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa saja yang melihat sesuatu yang membuatnya takjub, hendaklah ia berkata Masya Allah. La quwwata illa billah (sesuatu dikehendaki Allah, tiada kekuatan selain kekuatan Allah).' Niscaya hal itu tak akan memudaratkannya."

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa masyaallah bisa digunakan saat umat Muslim melihat hal-hal yang menakjubkan atau bersyukur akan sesuatu yang didapatkannya.

Sementara tabarakallah digunakan setelahnya untuk memohon keberkahan dari hal-hal menakjubkan yang didapatkannya.

Selain mengucapkan kalimat 'masyaallah tabarakallah' umat Muslim juga bisa membaca tasbih, tahmid, tahlil, hawqalah, dan zikir saat melihat sesuatu yang menakjubkan.

Demikian penjelasan mengenai arti masyaallah tabarakallah yang belakang ramai di media sosial.