Pengaruh dan Keistimewaan Salat Subuh Berjamaah Bagi Setiap Muslim


Ilustrasi Sholat Berjamaah. (Foto Unsplash)
Ilustrasi Sholat Berjamaah. (Foto Unsplash)

KLIKTIMES.COM|MALANG - Shalat subuh merupakan salat wajib yang paling berat, hal tersebut dikarenakan banyaknya orang tidur sedangkan kita diwajibkan untuk shalat wajib, terlebih lagi saat kita diwajibkan shalat subuh berjamaah di masjid itu sangat berat. Padahal shalat subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan diantaranya, mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat. Dalam salah satu hadist disebutkan:

عن بريدة الأسلمي رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم قال : بَشِّرِ الْمَشَّائِينَ فِي الظُّلَمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

BACA JUGA: Dinda Hauw Dinikahi Rey Mbayang-Nika Muda? Bagus atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Artinya: Dari Buraidah al-Aslami dari Nabi Muhammad SAW, sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat. (HR.Abu Dawud dan Tirmizi).

Dalam hadist lainnya diriwayatkan dari Utsman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda:

مَن صَلىَّ العِشاءَ في جَمَاعةٍ، فكأنَّما قَامَ نِصفَ الليلِ، ومَن صلى الصبح في جماعة، فكأنما صلَّى الليلَ كلَّه

Artinya: Barang siapa yang melakukan shalat isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat subuh berjamaah, maka dia seperti manusia yang melakukan salat malam sepanjang waktu. (HR.Muslim).

Dari dua hadist di atas menegaskan bahwa shalat subuh bejamaah lebih unggul dibandingkan salat subuh sendirian, apalagi salatnya dikerjakan secara berjamaah akan mendapatkan 27 derajat. Anas bin Malik meriwayatkan dari Rasulullah:

مَن صلَّى الغَداةَ في جَماعةٍ ، ثُمَّ قَعَدَ يذكُرُ اللَّهَ حتَّى تطلُعَ الشَّمسُ ، ثُمَّ صلَّى رَكعتينِ كانت لَه كأجْرِ حَجَّةٍ وعُمرةٍ قالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ : تامَّةٍ تامَّةٍ تامَّةٍ

 BACA JUGA: Surat Al-Waqiah dan Keutamaannya, Benarkah untuk Memperlancar Rezeki?

Artinya: Barang siapa yang shalat subuh berjamaah kemudia dia duduk berzikir kepada Allah SWT hingga matahari terbit, lantas salat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, Rasulullah bersabda, yang sempurna, sempurna, sempurna. (HR. Tirmidzi).

Keutamaan shalat subuh juga terdapat pada shalat sunnah qobliyah subuh (shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh). Hal itu disampaikan oleh Ummul Mukminin Aisyah, bahwa Rasulullah bersabda:

ركعتا الفجر خيرٌ من الدنيا وما فيها

Artinya: Dua rakaat (shalat sunnah qabliyah) subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya. (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah).(Cah).

 BACA JUGA: Ini Keutamaan-keutamaan Menyantuni dan Memuliakan Anak Yatim

Artikel ini sebelumnya telah dimuat dengan judul: Bacaan Shalat Subuh Lengkap Dengan Niat Doa Qunut-Keutamaan Salat Subuh Berjamaah (https://kumparan.com/berita-terkini/bacaan-salat-subuh-lengkap-dengan-niat-dan-doa-qunut-1vHXrtc3AJd)