Ramadan Momentum Tepat Untuk Bertaubat


ILUSTRASI
ILUSTRASI
 

SAHABAT SURGA.NET|MALANG - Ramadan adalah bulan sejuta berkah sehingga pada bulan ini bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa saling berlomba-lomba untuk memperbanyak amal kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila sudah datang malam terakhir dari bulan Ramadan, bumi, para Malaikat semua menangis dan menjerit karena melihat akan ada sebuah musibah besar  yang akan menimpa umat Muhammad”.

BACA JUGA: Meraih Malam Lailatul Qodar Haruskah Itikaf?

Kemudian para Sahabat Nabi bertanya, “Musibah apa ya Rasul..?”

Rasulullah SAW menjawab “Karena Ramadan akan segera pergi, Ramadan akan segera berakhir.”

Kenapa dengan berakhirnya bulan suci Ramadan langit, bumi, dan para malaikat semuanya menangis dan menganggap akan ada sebuah musibah besar yang menimpa umat Muhammad? Karena pada bulan suci Ramadan segala doa dikabulkan oleh Allah SWT, dan amal ibadah kita dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Malam Lailatul Qodar menjadi malam yang paling dinanti umat muslim saat puasa Ramadan. Banyak amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut Lailatul Qodar agar bisa memperoleh malam istimewa tersebut.

BACA JUGA: Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Bisa Memancarkan Cahaya

Berikut amalan-amalannya

  • melakukan solat Itikaf dengan berupaya sekuat tenaga. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
  • Melakukan qiyamu al lail berjamaah sampai dengan rekaat terakhir yang dilakukan imam, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar ra.
  • Membaca doa di malam Lailatul Qadar. Ustadz Hanan Attaki mengatakan malam puncak Lailatul Qodar bahwa salah satu amalan yang dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qodar adalah membaca doa Lailatul Qodar.
  • Memperbanyak istighfar di waktu sahur. Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam Wa Adillatuhu mengatakan, disunahkan untuk menghidupkan malam sepuluh terakhir bulan Ramadan agar mendapatkan malam lailatul Qodar. Salah satunya dengan memperbanyak membaca istighfar pada waktu sahur dan baiknya membaca sayyidul istighfar.
BACA JUGA: Pengaruh dan Keistimewaan Salat Subuh Berjamaah Bagi Setiap Muslim

Para pembaca yang budiman, barang siapa yang gemira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah SWT akan memasukkan hamba nya ke dalam surga-Nya. Sebab gembira menyambut Ramadan adalah cerminan iman. Semoga kita dapat mengoptimalkan bulan Ramadhan untuk takarrub ilallah. Membersihkan hati, memperkuat sendi-sendi iman dan mempererat agama Islam. (Zil)