Surat Al-Waqiah dan Keutamaannya, Benarkah untuk Memperlancar Rezeki?


ILUSTRASI
ILUSTRASI

SAHABAT SURGA.NET|MALANG- Keutamaan surat Al-Waqiah memberi banyak sekali keberkahan. Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an. Al Waqiah sendiri terdiri atas 96 ayat dan juga masih termasuk golongan surah Makkiyah. Penamaan surat Al Waqiah berasal dari kata Al Waqiah yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok pembahasan dari surat Al Waqiah adalah dapat memperlancar rezeki. Oleh karena itu, tidak heran jika surat Al Waqiah sering disebut surat seribu dinar. Surat ini juga dikenal sebagai surat agar dijauhkan dari kemiskinan bagi para pembacanya.

Bukti bahwa surat Al Waqiah disebut sebagai doa memudahkan rezeki bagi muslim yang membacanya sesuai dengan yang dinukil dari hadis Rasulullah SAW. Hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA: Ini Keutamaan-keutamaan Menyantuni dan Memuliakan Anak Yatim

“Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anaknya (HR Ad Dailamiy).

Dalam riwayat lain juga dikisahkan dari Ibnu Mas’ud RA bahwa ia mendengar Rasulullah SAW berkata, surat Al Waqiah bisa menjadi doa terhindar dari kemiskinan bila dibaca tiap malam hari. Berikut hadistnya,

ﻗﺎﻝ: ﺇﻧﻲ ﻗﺪ ﻋﻠﻤﺘﻬﻢ ﺷﻴﺌﺎ ﺇﺫا ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﻘﺮﻭا، ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: " ﻣﻦ ﻗﺮﺃ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﻘﺮ

Ibnu Mas’ud berkata, “Saya telah mengajarkan sesuatu pada mereka, jika mereka membacanya tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi SAW bersabda: ‘barang siapa membaca surat Al Waqiah tiap malam maka ia tidak akan miskin,” (HR AL Baihaqi).

BACA JUGA: Amalan Shalawat Miftah serta Manfaatnya yang Bikin Hati Terenyuh

Sementara itu, membaca surat Al Waqiah secara rutin ternyata sudah menjadi kebiasaan oleh para ulama terdahulu. Hal ini diungkap oleh Imam Ghazali dalam Kitab Fath Qadir yang menyebutkan,

ﻗﻭﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﻌﺘﺎﺩ ﺃﻭﻟﻴﺎﺅﻧﺎ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﻌﺴﺮﺓ

Artinya : Wali-wali kita membiasakan membaca surat Waqiah di hari-hari yang sulit

Di samping itu, Rasulullah SAW juga pernah menyebut surat Al Waqiah sebagai salah satu kelompok surat yang membuatnya beruban. Bunyi hadistnya sebagai berikut,

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: "يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}"

Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, engkau telah beruban.” Nabi SAW menjawab, “Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al-Waqiah, Al Mursalat, Amma Yatasaa aluun, dan Idzasy Syamsu kuwwirat.” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA: Apa Hukumnya Menghajikan Badal untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Apa Syaratnya?

Hadist ini disahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi. Maksud kata beruban hadist tersebut, Amirullah Syarbini dan Sumantri Jamhar dalam buku Kedahsyatan Membaca Al Quran menafsirkan, surat Al Waqiah menjadi salah satu surat yang paling sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Meski ada hadis yang dilemahkan oleh para ulama mengenai keutamaan surat Al Waqiah, namun tidak ada salahnya bagi umat muslim rutin membaca surat Al Waqiah setiap hari.

Sementara itu, ada rangkuman berbagai sumber keutamaan dari surat Al Waqiah ini ada yang diperkuat dari hadis lain ataupun berdasarkan kepercayaan dari sejak dahulu. Di antaranya yakni :

  1. Dilindungi dari Kemudharatan Dunia

Keutamaan surat Al Waqiah yang pertama adalah dapat melindungi dari segala kemudharatan dunia.

  1. Surat Kekayaan

Keutamaan surat Al Waqiah yang berikutnya ialah merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

BACA JUGA: Siapa yang Bisa Dapat Syafa’at? Ternyata Ada 4 Kunci Penting Ini

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal.

  1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Keutamaan surat Al Waqiah selanjutnya adalah dijauhkan dari kemiskinan. Terlebih bagi orang-orang yang membacanya dengan rutin. Ia juga akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki berlimbah. (Ris)