Dahsyatnya Membaca Bismillahirrahmanirrahim Sebelum Melakukan Kegiatan, Mau Buktikan?


Ilustrasi Al Qur an- Dahsyatnya Membaca Basmallah Sebelum Melakukan Kegiatan (FOTO By PIXABAY)
Ilustrasi Al Qur an- Dahsyatnya Membaca Basmallah Sebelum Melakukan Kegiatan (FOTO By PIXABAY)
 

SAHABAT SURGA.NET|MALANG - Sebagai umat Islam, ada anjuran mengucapkan bismilahi atau bismillahirrahmanirrahim saat mengawali suatu kegiatan. Agar apa yang dilakukan saat beraktivitas menjadi suatu berkah.

Bismillahirrahmanirrahim dalam bahasa Indonesia artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang”. Yakni: Allah, Ar-Rahman, dan Ar-Rahim.

Kalimat Bismillahirrahmanirrahim menjadi pembuka atau mengawali semua surat dalam Al Quran, kecuali surat Attaubah, Ada 113 surat diawali dengan kalimat Basmallah. Nabi Sulaiman ‘alaihis salam saat menulis surat pada pengusa Saba’ diawali dengan kalimat Bismillahirrahmanirrahim sebagaimana disebutkan di dalam QS. An-Naml: 30 yang berbunyi:

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Artinya : Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

BACA JUGA: Apakah Sah Salat Seorang Mualaf Belum Dikhitan? Ini Jawabannya

Nabi Muhammad SAW memulai suratnya pada Raja Heraklius dengan kalimat bismillahirrahmanirrahim. Juga saat menyampaikan khutbah selalu membaca basmallah diikuti alhamdulillah dan memuji Allah SWT.

Berikut ini manfaat mengawali ucapan bismillahirrahmanirrahim sebelum melakukan suatu kegiatan.

Dilindungi dari Kejahatan Setan

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda seperti diriwayatkan dalam HR Muslim,2018

 BACA JUGA: Fenomena Gerhana Matahari Parsial, Berikut Tata Cara Shalat Saat Terjadi Gerhana Matahari

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya : Apabila salah seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata : "Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian". Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: "Kalian telah mendapatkan tempat istirahat dan makan malam.

Menyempurnakan Barakah

Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadis, Rassulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللَّهِ (وفي رواية بِذِكْرِاللّه) فَهُوَ أَ قْطَع (وفي رواية فَهُوَ أبتر

 BACA JUGA: Keutamaan Memiliki Sifat Malu

Artinya : Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain: dengan mengingat Allah) maka amalan tersebt terputus keberkahanya. (Disahihkan oleh jama’ah, seperti Ibnu Shalah, Nawai dalam Adzkar-nya, Syaikh Bin Baz berkata : “Hadist ini hasan dengan syawahidnya”.)

Dilindungi dari Gangguan Jin

Dalam riwayat lain sebagaimana terdapat dalam al-Jami Shagar, dan dihasankan oleh Munawi dalam syarhnya, Rasulullah bersabda:

سَتْرُ بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَبَيْنَ عَوْرَاتِ بَنِي أَدَمَ إِذَا وَضَعَ أَحَدُهُمْ شَوْبَهُ أَنْ يَقُولُ بسْم اللّه

 BACA JUGA: Mengapa Ada Masjid yang Mengumandangkan Azan Subuh 2 Kali? Ini Penjelasanya

Artinya : Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca bismillah”.

Nah itulah tadi beberapa manfat mengawali kegiatan dengan membaca bismillahirrahmanirrahim. Yuk belajar mengawali mengucap basmallah sebelum melakukan kegiatan. (Kharisma Putri Ramadhani/Fnd)